Apa Saja Manfaat Imunisasi bagi Kesehatan Bayi? Ini Jawabannya

Apakah buah hati Anda sudah mendapatkan imunisasi secara lengkap? Perlu Anda ketahui, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari imunisasi untuk kesehatan bayi. Sayangnya, banyak orang tua yang enggan melakukan imunisasi karena takut efek samping setelahnya. Padahal, banyak manfaat imunisasi bagi kesehatan bayi yang akan dijabarkan berikut ini. 

manfaat imunisasi bagi kesehatan bayi
infoimunisasi.com

Pentingnya Imunisasi bagi Kesehatan Bayi


Dengan melakukan imunisasi bayi, Anda melindungi buah hati Anda dari berbagai penyakit di masa mendatang. Vaksin yang disuntikkan pada tubuh anak Anda dapat membantu sistem kekebalan tubuh anak Anda dalam pembentukan antibodi. Antibodi inilah yang nantinya akan melawan virus atau bakteri yang akan masuk ke tubuhnya. 

Maka dari itu, manfaat imunisasi bagi kesehatan bayi adalah untuk mencegah anak Anda mengalami berbagai macam penyakit yang berbahaya. Prosedur imunisasi juga terbilang aman, cepat, dan sangat efektif untuk menyelamatkan hidup buah hati Anda. 

Jadwal Imunisasi yang Wajib Bagi Bayi


Di Indonesia, bayi yang berusia di bawah satu tahun wajib mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap. Imunisasi wajib ini diberikan sesuai jadwal yang ditetapkan pada Pedoman Penyelenggaraan Imunisasi (PPI), dan diberikan secara gratis. Anda cukup datang ke pusat layanan kesehatan yang tersedia seperti rumah sakit, puskesmas, dan posyandu.

Daftar imunisasi yang perlu didapatkan oleh bayi antara lain imunisasi Hepatitis B, Polio, BCG, DPT, dan imunisasi campak. Imunisasi dasar ini bermanfaat agar bayi terhindar dari penyakit campak, polio, tuberculosis (TBC), pertusis atau batuk rejan, difteri, tetanus, dan hepatitis B. 

Bagaimana Jika Imunisasi pada Bayi Telat Dilakukan?


Mungkin sebagian dari Anda ragu atau takut untuk memberikan imunisasi pada anak pada saat sakit. Padahal, imunisasi tetap aman dilakukan walaupun anak sedang sakit ringan seperti batuk, pilek, atau demam ringan. Jika Anda terlambat melakukan imunisasi untuk anak, sebaiknya segera bawa anak Anda untuk diimunisasi agar terhindar dari penyakit berbahaya. 

Apa yang Akan Terjadi Jika Bayi Tidak Diimunisasi Sama Sekali?


Jika anak tidak diberi imunisasi sama sekali, maka akan sangat rentan terhadap penyakit berbahaya seperti tetanus, campak, polio, TBC, dan lain sebagainya. Dia juga bisa menularkan penyakit yang dia derita ke orang sekitarnya, sehingga juga membahayakan orang lain.

Lebih parahnya lagi, jika anak tidak diimunisasi, maka akan lebih beresiko mengalami berbagai penyakit yang telah disebutkan di atas. Tidak menutup kemungkinan penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian pada anak, atau biaya pengobatan yang melambung tinggi. Maka dari itu, sebaiknya Anda memberikan imunisasi secara lengkap untuk anak Anda. 

Nah, itu dia ulasan mengenai manfaat imunisasi bagi kesehatan bayi yang perlu Anda ketahui. Dengan imunisasi, buah hati Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mematikan dan dapat menelan banyak biaya. Walaupun memang memiliki efek samping, namun imunisasi jauh lebih baik dilakukan sebagai tindakan preventif untuk buah hati tercinta.